Benyamin  

Posted by Bang Kardi in

Pada awalnya saya sempat ragu menampilkan Benyamin S di sini. Namun mengingat banyak lagu-lagunya yang berirama rock, blues dan soul, maka akhirnya saya tampilkan juga beliau. Dan lagi tidak bisa dipungkiri lagi beliau adalah seorang legend.

Lahir di Jakarta 5 Maret 1939 Bang Ben, demikian nama akrab Benyamin Syuaeb, mewarisi bakat seni dari kakeknya, Jiung (Haji Ung), yang seorang pemain teater di jaman kolonial Belanda. Berbagai profesi pernah dicobanya sebelum akhirnya terjun ke dunia seni seperti pedagang keliling dan kernek bis kota PPD.

Sebanyak 75 album dia rilis sepanjang karirnya baik solo maupun duet (kebanyakan dengan Ida Royani, istri Keenan Nasution) dan 53 judul film dia bintangi, bahkan beliau sempat meraih Piala Citra melalui film Intan Berduri.
Melalui Bang Ben kesenian Betawi bisa dikenal luas. Era 60'an ketika Presiden Soekarno melarang penampilan seni yang berbau barat, Bang Ben dengan cerdik menggabungkan seni modern (pop, blues, rock sampai soul) dengan seni gambang kromong. Ternyata strategi ini berhasil melambungkan namanya dan kesenian Betawi pun bisa di terima masyarakat Indonesia. Ciri khas beliau selain menampilkan lirik-lirik kocak juga sering berkata-kata seperti ngedumel ditengah-tengah lagu. Liriknya pun bertema keadaan sosial yang aktual terutama di Jakarta.

Tampang kampung rejeki kota, mungkin seperti itulah Bang Ben. Tanggal 5 September 1995 Bang Ben meninggal dunia akibat serangan jantung. Saat itu beliau masih aktif menekuni dunia seni dengan membintangi sinetron Si Doel Anak Betawi dan Mat Beken.
The Best Of Benyamin S (versi JaDuLMaN)

This entry was posted on Selasa, 22 Februari 2011 at Selasa, Februari 22, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar

petuah bijak hari ini

Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah anda miliki, Anda harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan

KIRIM E-MAIL KE SAYA

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):