SLANK  

Posted by Bang Kardi in


Slank mengeluarkan album pertamanya pada tahun 1990 dengan judul album Suit Suit... He He He (Gadis Sexy). Namun sebenarnya bibit grup ini mulai terbentuk pada awal tahun 1980 dengan nama Cikini Stones Complex yang dibentuk oleh Bimbim. Grup ini hanya memainkan lagu-lagunya Rolling Stones sehingga menimbulkan kejenuhan pada para personilnya. Mereka akhirnya membubarkan diri pada tahun 1983. Bimbim kemudian membentuk Red Evil bersama Bonky, Kiki, Denny dan Erwan. Tidak lama kemudian grup ini berganti nama menjadi Slank dan bermarkas di Gang Potlot Jakarta dengan tetap mengusung musik rock n roll ala Rolling Stones. Setelah kerap berganti-ganti personil Slank baru solid dengan formasi Bimbim, Kaka, Bongky, Indra dan Pay. Dan pada tahun 1990 merekapun merilis album pertamanya.


Album pertama mereka langsung langsung dapat diterima oleh pecinta musik rock Indonesia. Bahkan mungkin mereka yang tadinya bukan penggemar musik rock akan melirik grup ini, karena memang dalam album perdananya ini mereka menampilkan pula lagu-lagu manis seperti 'Mafkan'. Sesuai dengan namanya mereka pun menyuguhkan lirik-lirik yang selengean, begitu pula dengan aksi panggung mereka. Namun begitu album ini mendapat penghargaan BASF Award untuk kategori Pendatang Baru Terbaik.

Dengan formasi ini Slank berhasil merilis 5 album, kemudian Bongky, Indra dan Pay memilih hengkang dari Slank. Kembali Slank mengalami gonta-ganti personil sampai kemudian mereka kembali menemukan personil yang solid dengan formasi Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka dan Abdee dan bertahan sampai sekarang. Bongky dan Pay sibuk dengan proyeknya masing-masing sedangkan Indra harus menjalani rehabilitasi ketergantungan narkoba. Namun mereka kemudian membentu grup BIP.

Slank mungkin satu-satunya grup rock Indonesia yang bisa mendobrak dominasi God Bless yang memang merajai blantika musik rock Indonesia era 80'an. Secara musikalitas, saya lebih menyukai Slank dengan formasi awal (Bimbim, Kaka, Bongky, Indra dan Pay) karena memang musik mereka lebih berbobot pada formasi iti (menurut saya lho!!!). Namun secara penjualan album dan lagu-lagu hits, lebih banyak dari formasi akhir.

Narkoba mungkin menjadi bagian dari gaya hidup mereka walaupun saat ini mereka bisa dibilang clean. "Saat membikin album pertama hingga ketiga, kami belum memakai Narkoba, tapi album itu terbukti paling bagus. Jadi, tanpa Narkoba kami bisa menghasilkan karya yang bagus. Setelah album ketiga, kami menjadi pengguna," ujar Kaka. Soal produktivitas jangan ditanya lagi, sepanjang karirnya, Slank telah merilis 16 album studio (terakhir Anthem For The Broken Heart tahun 2008), 3 buah album live, 2 buah album soundtrack dan 1 album kompilasi. Sebuah prestasi yang patut diacungi jempol!!! Beberapa pengamat musik dan banyak fans fanatiknya mengatakan, bahwa semua prestasi Slank dan yang mencegah Slank dari kehancuran adalah karena kerja keras Bimbim. Bimbim memang kerap dianggap nyawa dari Slank.


SLANK - SUIT SUIT ... HE HE HE (GADIS SEXY) - 1990
Suit Suit ... He He He (Gadis Sexy)
Memang
Maafkan
Apatis Blues
American Style
Aku Gila
Kalah
Bocah
Karang
Ladies Night di Ebony

This entry was posted on Selasa, 22 Februari 2011 at Selasa, Februari 22, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Poskan Komentar

petuah bijak hari ini

Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah anda miliki, Anda harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan

KIRIM E-MAIL KE SAYA

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):